Kamis, 22 September 2016

PELATIHAN INDUSTRIALISASI PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN



Teluk Kuantan, Dinas Perikanan Dan Kelautan Provinsi Riau melalui bidang pengolahan hasil perikanan melaksanakan pelatihan industrialisasi pengolahan hasil perikanan bertempat di Wisma Hasanah Teluk Kuantan pada tanggal 5 s/d 6 september 2016 di ikuti sebanyak 20 orang peserta yang berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi.

Dialokasikannya kegitan Provinsi Riau ini di Kabupaten Kuantan Singingi menurut Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau yang diwakili oleh kepala seksi permodalan kredit dan teknologi bidang pengolahan hasil perikanan Ir.Hj.Darmiwati karena Kuantan Singingi memiliki potensi dan prospek yang besar untuk dikembangkan serta menghasilkan jenis olahan yang lebih banyak dari kabupaten lain.
Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kuantan Singingi Ir. Emmerson, pada sambutannya menyampaikan selamat dating dan terima kasih kepada Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau yang telah memilih Kuantan Singingi sebagai lokasi pembinaan pengrajin pengolahan ikan, pemilihan lokasi ini dianggap tepat mengingat Kabupaten Kuantan Singingi saat ini telah menjadi sentra produk ikan beragam jenis yang pemasarannya sudah sampai ke kabupaten dan propinsi tetangga (ikan sebagai bahan dasar olahan tersedia melimpah) memiliki acara akbar rutin setiap tahun yakni Event Nasional Pacu Jalur Tradisional yang puncaknya diselenggarakan di ibukota Taluk Kuantan setelah secara berkesinambungan diadakan di tingkat kecamatan dan rayon, kesempatan ini merupakan pangsa pasar yang sangat besar dan potensial memperkenalkan serta mempromosikan aneka produk kuliner lokal trade made Kabupaten Kuantan Singingi.
 

Selanjutnya Ir. Emmerson menambahkan selama ini pengrajin ikan bergabung dalam kelompok pengolah dan pemasar (POKLAHSAR) yang bersifat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berupa industry rumah tangga (IRT), diharapkan melalui pelatihan ini dapat menambah wawasan dan keterampilan industri yang berbasis teknologi sehingga mampu meningkatkan produksi menjadi skala industry menengah.





Pelatihan ini berlangsung dengan lancar dan sukses, dimana semua materi bahasan telah di kupas secara tuntas dengan narasumber berasal dari Balai Latihan Kerja Provinsi Riau, dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau dan dari Dinas Perikanan Kabupaten Kuantan Singingi berdasarkan diskusi dengan peserta didapat evaluasi bahwa masih besar peluang yang terbuka untuk mengembangkan program pengolahan ikan di Kabupaten Kuantan Singingi untuk beberapa jenis produk seperti nugget ikan, bakso ikan, snack ikan dan ikan salai hanya yang perlu dibenahi peningkatan cita rasa, kemasan dan sarana pemasaran menjalin kerjasama dengan perbankan. (BU-J)
 

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar